Cerkak Bahasa Jawa "Honor Kang Pungkasan"| Cerkak Basa Jawa

Sinopsis Cerkak Bahasa Jawa "Honor Kang Pungkasan"

Cerkak Bahasa Jawa yang pernah dimuat dalam majalah Panjebar Semangat Karya dari Suryadi W.S ini menceritakan tentang kisah kehidupan seorang Guru Tidak Tetap (GTT). Darmaji yang baru saja lulus sekolah keguruan memutuskan mengabdi di SD Mawar untuk menjadi Guru Tidak Tetap, dengan gaji guru GTT hanya 250.000 sebulan Darmaji menjalani profesinya dengan iklhas karena memang itulah yang menjadi cita-cita Darmaji semenjak kecil.

Pengabdian Darmaji menjadi Guru GTT selama 18 tahun memang dirasa tidak bisa mencukupi kebutuhan hidupnya, hingga suatu saat anak perempuan Darmaji yang pertama duduk di kelas 3 SD malu berangkat sekolah karena tidak bisa memakai kaos olahraga, dan juga anak keduanya yang duduk di TK juga tidak mau berangkat sekolah karena malu tidak punya seragam yang baru.

Melihat nasib Darmaji yang begitu sengsara, Pak Warsa bapak dari Istrinya tidak tega, dan akhirnya menyuruh Darmaji untuk tidak melanjutkan sebagai Guru Tidak Tetap, Pak Warsa bersedia memberikan modal untuk Darmaji untuk berternak ayam di rumah, sedangkan diwaktu sore hari Pak Warsa juga menyarankan Darmaji untuk mengajar mengaji anak-anak di desanya, dengan berat hati akhirnya Darmaji menerima usulan tersebut.

Dan keesokan harinya Darmaji berpamitan dengan Kepala Sekolah SD Mawar, Pak Martaya. Dengan berat hati Pak Martaya rela dan ikhlas melepas Darmaji sebagai Guru Tidak Tetap di SD Mawar, dengan bersalaman dan menyerahkan gaji bulanan atau Gaji Terakhir Darmaji sebagai Guru Tidak Tetap.
Cerkak Bahasa Jawa "Honor Kang Pungkasan"
Cerkak Bahasa Jawa "Honor Kang Pungkasan"




Unduh Cerkak Bahasa Jawa "Honor Kang Pungkasan"

0 Response to "Cerkak Bahasa Jawa "Honor Kang Pungkasan"| Cerkak Basa Jawa"

Post a Comment