Cerkak Bahasa Jawa "Bu Guru" | Cerkak Basa Jawa

Sinopsis Cerkak Bahasa Jawa "Bu Guru"

Cerkak Bahasa Jawa dengan judul Bu Guru ini pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat. Cerkak Bahasa Jawa ini menceritakan tentang kehidupan atau kisah perjalanan hidup seorang yang bernama Bu Warsini.

Bu Warsini di desanya adalah satu-satunya orang yang dipanggil dengan sebutan Bu Guru, walaupun Bu Warsini tidak bekerja sebagai seorang guru. Orang-orang dikampungnya menyebutnya Bu Guru karena profesi suaminya yang bernama Pak Marno yang berprofesi sebagai Guru, maka dari itu Bu Warsini mendapat sebutan Bu Guru.

Diceritakan dalam cerkak bahasa jawa "Bu Guru" ini atau Bu Warsini sudah mempunyai anak lima, namun kelima-limanya perempuan. Pak Marno selalu membujuk Bu Warsini untuk ikut program pemerintah dengan mengikuti pogram KB atau Keluarga Berencana. Namun, Bu Warnisi selalu menolak ajakan Pak Marno untuk ikut KB, dengan Alasan ingin mempunyai anak laki-laki.

Pak Marno merasa malu akan sikap Bu Warsini, akhirnya Pak Marno menyuruh Bu Warsini untuk pura-pura mengkuti program KB, selang beberapa bulan Bu Warsini mengandung lagi, dan melahirkan anak perempuan lagi, karena merasa putus asa akhirnya Bu Warsini memutuskan untuk mensterilkan diri.

Ndari, adalah anak pertama Bu Warsini pada suatu hari ndari juga melahirkan anak perempuan, Bu Warsini merasa tidak puas karena berharap Ndari melahirkan anak laki-laki namun kenyataannya adalah perempuan. Setelah anaknya ndari berumur 3 tahun, Ndari hamil lagi dan melahirkan anak laki-laki, betapa senangnya Bu Warsini akhirnya mempunyai keluarga laki-laki walaupun itu anak dari Ndari anak bu Warsini.
Cerkak Bahasa Jawa "Bu Guru"
Cerkak Bahasa Jawa "Bu Guru"
 


Unduh Cerkak Bahasa Jawa "Bu Guru"

Analisis Cerkak Bahasa Jawa "Bu Guru"

Tema : Rumah Tangga
Alur Cerkak : Alur Maju
Setting Tempat : Rumah Pak Marno, dan Rumah Sakit Bersalin
Paraga Cerkak atau Tokoh Cerkak :
Bu Warsini mempunyai karakter keras kepala, teguh pendirian.
Pak Marno mempunyai karakter bijaksana, dan tidak mau memaksakan kehendak
Sudut Pandang Cerkak : Sudut Pandang orang ketiga.
Amanat Cerkak : Selalu bersyukur dengan apa yang sudah diberikan Tuhan Yang Maha Esa.

0 Response to "Cerkak Bahasa Jawa "Bu Guru" | Cerkak Basa Jawa"

Post a Comment