Analisis Cerkak Bahasa Jawa "Ayumu Mung Ing Njaba" | Cerkak Basa Jawa

Cerkak Bahasa Jawa "Ayumu Mung Ing Njaba"

Cerkak bahasa jawa ini menceritakan tentang kisa seorang lelaki yang bernama Sunyoto, suatu ketika Sunyoto melakukan perjalanan dengan naik Bus menuju kota Yogyakarta. Didalam bus Sunyoto tertarik kepada seorang wanita yang bernama Sulistiyawati. Sulistiyawati yang saat itu sedang sibuk membaca koran, melihat kecantikan Sulistyawati, Sunyata menjadi tertarik dan ingin berkenalan lebih dekat. Pada awal mula pembicaraannya terlihat wanita yang bernama Sulistyawati tersebut sangat cuek dan tidak mau memperhatikan Sunyata yang sejak tadi berusaha membuka obrolan.

Lambat lain pembicaraan Sunyata akhirnya ditanggapi oleh Sulistyawati, ngobrol lebih dekat dan lama-kelamaan mereka berdua semakin akrab, hingga akhir pembicaraannya Sunyata dengan berani mengajak Sulistyawati untuk berjalan-jalan keliling kota, sampai ke Losmen.

Sunyata tidak mengira bahwa obrolannya ditanggapi dengan sangat akrab oleh Sulistyawati, Sunyata merasa jatuh cinta, dan segera ingin berkunjung ke rumah Sulistyawati untuk berkenalan dengan kedua orang tuanya, dan Sulistyawati pun bersedia, sehingga sebelum mereka berpisah Sulityawati memberikan alamat rumahnya kepada Sunyata.
Bagaimanakah kisah selanjutnya ...apakah Sunyata jadi berkunjung ke rumah Sulistyawati dan berkenalan lebih lanjut dengan kedua orang tuanya ? untuk selengkapnya sobat bisa membaca cerkak bahasa Jawa "Ayumu Mung Ing Njaba"....




Unduh Cerkak Bahasa Jawa "Ayumu Mung Ing Njaba"

Analisis Cerkak Bahasa Jawa "Ayumu Mung Ing Njaba"

Tema : Katresnan
Latar/Setting : Bus dan Losmen
Paraga / Tokoh :
Sunyata mempunyai karakter baik hati, dan mudah percaya kepada orang yang baru dikenal
Sulistyawati mempunyai karakter senang atau suka memperdaya orang lain dan mempunyai sifat jelek
Sudut Pandang : Orang Pertama
Amanat / Pesan : Jangan mudah percaya kepada orang yang baru saja dikenal

0 Response to "Analisis Cerkak Bahasa Jawa "Ayumu Mung Ing Njaba" | Cerkak Basa Jawa"

Post a Comment